Jumat, 17 Februari 2023

JUMAT 17 FEBRUARI 2023 MATEMATIKA

  MATERI AJAR KELAS IV D HARI JUAMT TANGGAL 17 FEBRUARI 2023




SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
TEMATIK IV D
GURU KELAS : JUWITASARI PEBRIANI, S.Pd

Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^

 Tujuan pembelajaran : 
- Peserta didik mampu memahami pengertian data dan cara mengumpulkan data
- Peserta didik mampu membuat data dalam bentuk tabel dan diagram batang

Langkah-langkah pembelajaran : 

A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu pengolahan data.^^

B. Kegiatan Inti (50 menit)

Pengolahan Data

Data merupakan catatan informasi yang diperoleh berdasarkan fakta. Data dapat dikumpulkan dengan cara berikut :
1. Wawancara dengan narasumber
2. Membuat dan menyebarkan kuesioner untuk diisi oleh narasumber
3. Mengumpulkan data dari sumber data yang sudah ada

Contoh kegiatan pengumpulan data :
Nina mengumpulkan data warna kesuakaan dari lima orang temannya dengan cara bertanya langsung. Berikut data yang diperoleh Nina:
> Warna kesukaan Deli : hijau
> Warna kesukaan Lani : merah
> Warna kesukaan Made : biru
> Warna kesukaan Joni : hitam
> Warna kesukaan Toni : kuning

A. DATA DALAM BENTUK TABEL

> MEMBACA DATA

Tabel merupakan daftar yang berisi suatu data atau informasi yang disusun dalam bentuk baris dan kolom. Data yang disajikan dalam bentuk tabel dapat mempermudah kita dalam membaca dan menafsirkan data tersebut. Contoh :

Tabel berikut menyajikan data berat badan balita yang ditimbang di Posyandu Mawar
Berikut cara membaca data dalam tabel tersebut :
1. Banyak balita yang berat badannya 10 kg ada 12 anak
2. Banyak balita yang berat badannya 11 kg ada 18 anak
3. Banyak balita yang berat badannya 12 kg ada 16 anak
4. Banyak balita yang berat badannya 13 kg ada 20 anak
5. Banyak balita yang berat badannya 14 kg ada 10 anak
6. Banyak balita yang berat badannya 15 kg ada 15 anak

> MENYAJIKAN DATA
Langkah-langkah menyajikan data dalam bentuk tabel adalah sebagai berikut :
 Kelompokkan data secara berurutan
 Hitunglah banyak setiap data yang sama
 Tuliskan setiap kelompok data beserta banyaknya dalam tabel

Contoh :
Berikut data nomor sepatu 20 siswa kelas IV SD Mandiri. 36 36 34 35 35 31 34 38 33 33 32 34 37 36 34 35 37 36 38 33
Sajikan data nomor sepatu tersebut dalam bentuk tabel!

Penyelesaian :
Kelompokkan dan hitunglah banyak setiap nomor sepatu pada data tersebut dari yang terkecil secara berurutan. 
 Nomor sepatu 31 ada 1
 Nomor sepatu 32 ada 1
 Nomor sepatu 33 ada 3
 Nomor sepatu 34 ada 4
 Nomor sepatu 35 ada 3
 Nomor sepatu 36 ada 4
 Nomor sepatu 37 ada 2
 Nomor sepatu 38 ada 2

Tulisakan data yang telah dikelompokkan tersebut dalam bentuk tabel seperti berikut.

B. DATA DALAM BENTUK DIAGRAM BATANG

> MEMBACA DATA

Selain dalam bentuk tabel, data juga dapat disajikan dalam bentuk diagram batang. Pada diagram batang, banyak data diwakili oleh gambar persegi panjang. Perhatikan cara membaca data dalam bentuk diagram batang di bawah ini.

Berikut cara membaca data dalam diagram batang tersebut. 
 Banyak siswa yang memelihara kucing ada 12 orang
 Banyak siswa yang memelihara kelinci ada 6 orang
 Banyak siswa yang memelihara burung ada 8 orang
 Banyak siswa yang memelihara ikan ada 5 orang
 Banyak siswa yang memelihara ayam ada 7 oran

> MENYAJIKAN DATA
Langkah-langkah menyajikan data dalam bentuk diagram batang adalah sebagai berikut :
 Buatlah dua garis yang saling tegak lurus
 Tuliskan jenis data pada garis mendatar
 Tuliskan bilangan-bilangan untuk menyatakan banyak setiap jenis data pada garis tegak
 Gambarlah batang dalam kurung persegi panjang di setiap jenis data dengan tinggi sesuai banyak data Hewan Peliharaan

Data yang diberikan tidak selalu dalam bentuk tabel. Untuk mempermudah membuat diagram batangnya, sajikan dalam bentuk tabel terlebih dahulu. 
Contoh :
Berikut data nilai ulangan matematika siswa kelas IV.

C. Kegiatan Penutup (10 menit)

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya^^. 

Cukup sekian pembelajaran kita hari ini, jangan lupa diulas kembali ya. Tetap semangat belajarnya dan tingkatkan ibadah solatnya. Wassalamualaikum wr wb^^


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates