MATERI AJAR KELAS IV D HARI SENIN TANGGAL 20 FEBRUARI 2023
SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
TEMATIK IV D
GURU KELAS : JUWITASARI PEBRIANI, S.Pd
Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik dapat Menjelaskan Menjelaskan Keragaman Karakteristik Individu Berdasarkan Gambar
- Peserta didik dapat Menjelaskan Menentukan Karakter Tokoh Protagonis dan Antagonis dalam Teks Fiksi
- Peserta didik dapat Menjelaskan Menjelaskan Tempo dan Tinggi Rendah Nada pada Lagu Daerah
A. Apersepsi (10 menit)
Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu tema 8 subtema 1 pembelajaran 5 dan 6^^
B. Kegiatan Inti (50 menit)
PPKN KD 3.3
Menjelaskan Keragaman Karakteristik Individu Berdasarkan Gambar
1.Setiap anggota keluarga mempunyai ciri dan kebiasaan masing-masing. Ibu terkenal gesit, rajin, pandai memasak, dan pandai mengurusi rumah tangga. Ayah terkenal rajin dan giat bekerja tanpa mengenal lelah, penyayang keluarga, melindungi, dan tegas.
2.Setiap orang diberikan kelebihan dan kekurangan tertentu oleh Tuhan Yang Maha Esa.
3.Harapannya adalah agar kita dapat saling melengkapi satu dengan yang lainnya.
BAHASA INDONESIA KD 3.9
Menentukan Karakter Tokoh Protagonis dan Antagonis dalam Teks Fiksi
1. Setiap tokoh utama yang terdapat pada teks ksi biasanya memiliki dua sifat, yaitu sifat baik (positif ) dan sifat tidak baik (negatif ).
2. Tokoh yang memiliki sifat baik disebut tokoh protagonis. Tokoh yang memiliki sifat tidak baik disebut tokoh antagonis.
1.Kamu dapat menentukan peran tokoh dalam cerita dengan membaca cerita secara keseluruhan.
2.Selain itu, setiap tokoh tersebut tentunya memiliki watak atau karakter yang berbeda satu sama lain.
3.Untuk mengetahui watak atau karakter tokoh, kamu perlu membaca cerita dengan saksama mulai dari bagian awal cerita hingga akhir cerita.
4.Dengan demikian, kamu dapat mengetahui dan memahami karakter dari tiap-tiap tokoh yang berperan dalam cerita.
SBDP KD.3.2
Menjelaskan Tempo dan Tinggi Rendah Nada pada Lagu Daerah
1. Dalam bernyanyi, kita mengenal tempo dan tinggi rendah nada. Tempo lagu yang pernah kita pelajari, misalnya andante, adagio, allegro, dan sebagainya. Kita dapat mengukur tempo sebuah lagu dengan menggunakan Metronome Maelzel.
2.Terdapat rangkaian not-not dari nada rendah hingga nada tinggi. Tinggi rendahnya nada dapat diketahui dari not balok yang diletakkan pada garis paranada.
Menyanyikan Lagu Daerah dengan Memperhatikan Tempo dan Tinggi Rendah Nada
- Cara menyanyikan lagu daerah sesuai tempo dan tinggi rendah nada dengan tepat?
- Lagu daerah harus dinyanyikan dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.
- Tempo mengatur cepat atau lambatnya sebuah lagu, sedangkan tinggi rendahnya nada dapat membuat lagu daerah terdengar lebih merdu.
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya.
0 komentar:
Posting Komentar