Selasa, 28 Februari 2023

SENIN, 27 FEBRUARI 2023 TEMA 8 SUBTEMA 2 PB 6

 SENIN, 27 FEBRUARI 2023 TEMA 8 SUBTEMA 2 PB 6




SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
TEMATIK IV D
GURU KELAS : JUWITASARI PEBRIANI, S.Pd

Tujuan pembelajaran : 
  1. Peserta didik dapat Menjelaskan Hasil Identifikasi Jenis dan Tokoh-Tokoh dalam Teks Fiksi (Fabel)
  2. Peserta didik dapat Memperagakan Gerak Tari Kreasi Daerah
 
A. Apersepsi (10 menit)

Anak-anak ibu guru, bagaimana kabar kalian? semoga senantiasa sehat selalu. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kembali yaitu tema 8 subtema 2 pembelajaran  6.

B. Kegiatan Inti (50 menit)

Muatan Bahasa Indonesia KD 3.9 

Menjelaskan Hasil Identifikasi Jenis dan Tokoh-Tokoh dalam Teks Fiksi (Fabel)

Fabel merupakan cerita fiksi yang tokoh utamanya adalah hewan yang mampu berbicara dan bertingkah seperti manusia. 
Beberapa hewan dipilih untuk memiliki sifat tertentu, misalnya:
*kancil melambangkan kecerdikan, 
*serigala menggambarkan keserakahan, 
*burung elang menggambarkan kegagahan,
*harimau menggambarkan kekuatan dan kesombongan,  semut menggambarkan sikap kerja sama.

Silahkan anak-anak perhatikan cerita fabel yang berjudul Asal Usul Burung Cendrawasih di bawah ini...


Setelah anak-anak menyaksikan video cerita fabel di atas, coba anak-anak sebutkan sifat-sifat tokoh yang ada di dalam cerita fabel yang berjudul Asal Usul Burung Cendrawasih...

Muatan SBdP KD 3.3

Memperagakan Gerak Tari Kreasi Daerah

Kamu sudah mengenal ciri gerakan tari daerah. Kamu juga bisa membuat gerakan tari kreasi menggunakan lagu daerah nusantara. 
1. Langkahnya adalah kita harus mempelajari isi salah satu lagu daerah, misalnya lagu “Gundul-Gundul Pacul” dari Jawa
2. Tengah. Setelah memahami maknanya, maka ciptakan beberapa gerakan tari kreasi, sesuaikan gerakan dengan syair lagu. 
3. Hafalkan gerakan tersebut dengan diiringi nyanyian langsung atau menggunakan suara rekaman. Jika syair lagu menggambarkan kegembiraan, maka ciptakan gerakan tari yang lincah. 

Coba perhatikan video tari kreasi dengan iringan lagu daerah yang berjudul Apuse, jika sudah mari kita praktikan bersama..


C. Kegiatan Penutup (10 menit)

Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya.

K

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates