JUMAT, 03 MARET 2023 TEMA 8 SUBTEMA 3 PB 3&4

  JUMAT, 03 MARET 2023 TEMA 8 SUBTEMA 3 PB 3&4




SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
TEMATIK IV D
GURU KELAS :JUWITASARI PEBRIANI, S.Pd

Tujuan pembelajaran : 
  1. Peserta didik dapat mengelompokkan tokoh dan menjelaskan peran tokoh dalam teks fiks
  2. Peserta didik dapat menjelaskan sikap toleransi dalam keragaman
  3. Peserta didik dapat mengelompokkan jenis-jenis pekerjaan dan menjelaskan corak kegiatan ekonomi lingkungan sekitar
  4. πŸ‘‰ Bahasa Indonesia (KD 3.9 dan 4.9)

    Mengelompokkan Tokoh dalam Teks Fiksi

    Dalam teks fiksi terdapat tokoh utama dan tokoh tambahan. Di dalam cerita, tokoh utama tersebut dapat dikelompokkan kembali menjadi tokoh protagonis dan antagonis.

    Tokoh tambahan hanya sesekali muncul di dalam cerita. 

    Tokoh tambahan tidak mengubah alur cerita dan hanya menjadi pendukung dalam cerita. 

    Kemunculannya pun lebih jarang dibandingkan tokoh protagonis dan tokoh antagonis.


    Menjelaskan Peran Tokoh dalam Teks Fiksi
    Ayo, ingat kembali peran tokoh dalam suatu teks fiksi. Ada tokoh yang berperan sebagai tokoh protagonis, tokoh antagonis, ataupun tokoh tambahan. Ketiganya dapat dibedakan dari kemunculannya pada alur dan konflik dalam cerita.

    Perhatikan cuplikan cerita teks fiksi berikut!
    Si Tengah kebingungan sementara angin masih bertiup kencang, menerbangkan lebih banyak lagi atap pondok mereka. Ia menoleh ke kamar kakak tertua, tapi kamar itu kosong. “Mungkin kakak masih berada di kebun,” batinnya. “Ayo kita cari Kakak.” Ia pun menggandeng si Bungsu pergi ke kebun.
    • Si Tengah berperan sebagai tokoh protagonis karena berada di dalam konflik dan alur cerita. 
    • Tokoh Kakak berperan sebagai antagonis, yang menjadi lawan main Si Tengah.
    • Si Bungsu adalah tokoh tambahan yang menjadi penghias cerita.

    πŸ‘‰ PPKn (KD 3.3 dan 4.3)

    Sikap Toleransi dalam Keragaman

    Masyarakat Indonesia memiliki karakteristik yang beragam. Kita pasti memiliki tetangga yang berlainan suku bangsa. Setiap suku mempunyai karakter dan kebiasaan yang berbeda-beda. Namun, perbedaan karakter ini bukan penghalang terciptanya persatuan dan kesatuan.

    Upaya yang dapat kita lakukan terhadap perbedaan karakter antara lain, tidak menjelekkan suku bangsa lain, bertutur kata yang ramah dan sopan, berteman dengan semua tetangga tanpa membedakan suku bangsa, serta menghargai kebiasaan mereka.

    Manfaat dari hadirnya perbedaan karakter antara lain tercipta kerukunan antarsesama, menambah wawasan keanekaragaman suku bangsa dan adat istiadat, serta menumbuhkan rasa persatuan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    Toleransi merupakan sikap saling menghargai antarsesama. Dengan toleransi, kerukunan dapat terwujud. 

     Toleransi dapat diwujudkan melalui tindakan-tindakan sebagai berikut.

    • Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
    • Menghargai dan menghormati pekerjaan orang lain.
    • Saling membantu antarsesama.
    • Senantiasa membantu tetangga yang membutuhkan pertolongan.
    • Bekerja sama dengan orang lain tanpa membedakan ras, agama, dan budaya.
    • Mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.

    πŸ‘‰ IPS (KD 3.3 dan 4.3)

    Jenis-Jenis Pekerjaan
    Jenis pekerjaan yang ada di masyarakat beragam. Namun, pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa.
    Pekerjaan yang menghasilkan barang merupakan pekerjaan yang memproduksi berbagai benda yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.
    Pekerjaan yang menghasilkan jasa merupakan pekerjaan yang tidak menghasilkan barang, melainkan menghasilkan jasa yang dapat dinikmati oleh orang lain.

    Manakah jenis pekerjaan berikut yang menghasilkan barang atau jasa?


    Corak Kegiatan Ekonomi Lingkungan Sekitar

    Manusia melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.
    Setiap kegiatan ekonomi memunculkan beragam mata pencaharian. 
    Mata pencaharian disesuaikan dengan corak kehidupan masyarakat sekitarnya.
    Masyarakat di sekitar tempat wisata memiliki corak kegiatan ekonomi produksi dan distribusi.


     C. Kegiatan Penutup (10 menit)

    Setelah mempelajari materi hari ini. Apakah ananda sudah memahaminya? apabila masih ada yang perlu ditanyakan, boleh tuliskan pertanyaan kalian di komentar blog ibu guru ya.

Komentar

  1. Assalamualaaikum. Muhammad khalid ramadhan hadir

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum
    Hakim Putra Adelard 4D
    No. Absen 10
    Hadir
    Terima Kasih materinya Bu

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Naura Adhelia Putri
    No.absen 19
    Hadir Bu
    Terimakasih materinya Bu πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  4. Muhammad Al Fatih Areska IV.D hadir bu

    BalasHapus
  5. almiera hafiya Dwi nov
    kelas 4D
    hadir bukπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum
    kei areta lova
    kelas 4D
    hadirr bu juwi
    terimakasih buu materinya πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    Khansa Almaira Putri
    Kelas 4D
    Hadir
    Terima kasih materinya Bu πŸ™

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum
    Ghalih Auliya putri
    Kelas 4D
    Hadir BuπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Filda Araminta
    Kelas 4D
    HadirπŸ™

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    Zyta Lauta Allura 4D
    Hadir

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum bu
    Khayran aldiano
    kelas 4d
    Hadir

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum bujuwita
    Fadihl Ramadhan
    Kls 4D
    Hadir bu

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum.
    Fazella Qisya Alfariz
    4D
    Hadir Bu.
    Terimakasih Bu juwi materinya πŸ™

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 05 Mei 2025

Selasa, 06 Mei 2025

Jum'at, 9 Mei 2025