Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning
1. TEMA: GAYA HIDUP BERKELANJUTAN CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK
Tujuan Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.
Alur - Dalam fase A, fokus pembelajaran tentang isu plastik adalah pada pengenalan dan identifikasi. Pada tahapan “pengertian plastik”, peserta didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.
- Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).
- Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulkan.
Target Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: - Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam,
- Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan
- Bernalar kritis, khususnya memberikan dan menjawab pertanyaan
Pertemuan
2 Persiapan - . Guru
menyiapkan 2 bunga yang telah dibiarkan di dalam wadah pada pertemuan
sebelumnya
- Guru
menyiapkan gelas kaca dan plastik, piring kaca dan piring sekali pakai, botol
minum kaca, dlsb.
- Guru
menyediakan lembar kerja prediksi
- Siswa
menyiapkan sampah plastik yang telah dibawa
Pelaksanaan -
Guru
meminta siswa mengeluarkan benda plastik yang dibawa Lalu, Guru
menunjukkan benda lain yang terbuat dari material lain seperti: gelas kaca,
piring kaca, botol minum kaca, dlsb. Kemudian kembali bertanya pada siswa, benda apakah yang
ditunjukkan tersebut. Guru
mengambil benda yang fungsinya sama tapi berbeda material, seperti: gelas
plastik dan gelas kaca. Kemudian menanyakan pada siswa apa perbedaan dua benda
tersebut. Guru dapat memancing jawaban dengan mengajak siswa berinteraksi
dengan benda tersebut, misalnya: memegang kedua gelas, mengetuk gelas untuk
mendengarkan bunyi yang dihasilkan, membandingkan berat kedua benda dengan
tangan kiri dan kanan, mengisi air es ke dalam gelas plastik dan gelas kaca
secara bersamaan dan meminta siswa memegang kedua gelas tersebut dengan kedua
tangannya, dlsb. Guru dapat bertanya:
Bagaimana rasanya memegang kedua gelas? Apakah
ada yang berbeda? 1. Apa
perbedaannya?
Bagaimana
bunyi kedua benda tersebut? Apakah ada perbedaan suara yang dihasilkan? Coba
tirukan suara benda ini (guru mengetuk setiap gelas, siswa menirukan suara tiap
gelas yang dihasilkan). Benda mana yang suaranya lebih jernih terdengar? Yang
tidak jernih terdengar seperti apa suaranya?)
Benda
mana yang lebih ringan/berat?
Benda
mana yang lebih cepat terasa dingin begitu air es dituang? Benda mana yang
sekarang terasa lebih dingin?
Setelah
siswa dapat mengidentifikasi benda plastik, guru melanjutkan kegiatan
perbandingan dua material lain, yaitu bunga asli dan bunga plastik di pertemuan
sebelumnya
Guru
mengulas kegiatan lembar
prediksi yang lalu. Apa temuan kita? Menurut kalian, apa yang akan terjadi pada
bunga asli pada hari ke 7? (membusuk)
Diskusi; Jika sampah plastik tak dapat rusak/busuk apa
yang terjadi?(a) Simulasi penumpukan plastik dengan benda yang
dibawa dari rumah:(b) Tunjukkan benda yang kamu bawa.(c) Masing-masing siswa meletakkan benda plastik itu
dimana saja di dalam kelas.(d) Apa yang terjadi
dengan kelas kita? Menonton video tentang: “Ancaman Polusi Plastik ” https://youtu.be/EyzUazucAhU / (cuma 2 menit) atau https://youtu.be/CdmB_OF04to?si=uyKCsVuQh5_MGXL0 hanya
sampai dengan sebelum penjelasan konsep 3 R. Sebelum memutar video, guru
menjelaskan tugas dan kegunaan lembar pencatatan isi video
Siswa mengerjakan lembar kerja pencatatan isi video.
RANGKUMAN KEGIATAN
|
Hari 1
|
Hari 2
|
Hari 3
|
Bunga alami
|
|
|
|
Warna:
|
|
|
|
Bentuk:
|
|
|
|
Aroma:
|
|
|
|
|
|
|
|
Bunga Plastik
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar