Selasa, 29 Agustus 2023

SELASA 29 AGUSTUS 2023, PELAKSANAAN P5.

 SELASA 29 AGUSTUS 2023, PELAKSANAAN P5.

 

                           

            





SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
KELAS 1B
GURU KELAS : JUWITASARI PEBRIANI, S.Pd

Jadwal Pelajaran
P5
Tahfiz

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning


1.     TEMA:

GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK


Tujuan

Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.

Alur

  • Dalam fase A, fokus pembelajaran tentang isu plastik adalah pada pengenalan dan identifikasi. Pada tahapan “pengertian plastik”, peserta didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.
  • Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).
  • Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulkan.

Target

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: 

  1. Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam, 
  2. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan 
  3. Bernalar kritis, khususnya memberikan dan menjawab pertanyaan

Pertemuan 2

Persiapan

  • .       Guru menyiapkan 2 bunga yang telah dibiarkan di dalam wadah pada pertemuan sebelumnya
  •    Guru menyiapkan gelas kaca dan plastik, piring kaca dan piring sekali pakai, botol minum kaca, dlsb.
  •      Guru menyediakan lembar kerja prediksi
  •      Siswa menyiapkan sampah plastik yang telah dibawa

Pelaksanaan

  •          Guru meminta siswa mengeluarkan benda plastik yang dibawa Lalu,

  •     Guru menunjukkan benda lain yang terbuat dari material lain seperti: gelas kaca, piring kaca, botol minum kaca, dlsb. Kemudian kembali bertanya pada siswa, benda apakah yang ditunjukkan tersebut.

  •      Guru mengambil benda yang fungsinya sama tapi berbeda material, seperti: gelas plastik dan gelas kaca. Kemudian menanyakan pada siswa apa perbedaan dua benda tersebut. Guru dapat memancing jawaban dengan mengajak siswa berinteraksi dengan benda tersebut, misalnya: memegang kedua gelas, mengetuk gelas untuk mendengarkan bunyi yang dihasilkan, membandingkan berat kedua benda dengan tangan kiri dan kanan, mengisi air es ke dalam gelas plastik dan gelas kaca secara bersamaan dan meminta siswa memegang kedua gelas tersebut dengan kedua tangannya, dlsb. Guru dapat bertanya:

  •      Bagaimana rasanya memegang kedua gelas? Apakah ada yang berbeda? 1.     Apa perbedaannya?

  •     Bagaimana bunyi kedua benda tersebut? Apakah ada perbedaan suara yang dihasilkan? Coba tirukan suara benda ini (guru mengetuk setiap gelas, siswa menirukan suara tiap gelas yang dihasilkan). Benda mana yang suaranya lebih jernih terdengar? Yang tidak jernih terdengar seperti apa suaranya?)

  •       Benda mana yang lebih ringan/berat?

  •     Benda mana yang lebih cepat terasa dingin begitu air es dituang? Benda mana yang sekarang terasa lebih dingin?

  •    Setelah siswa dapat mengidentifikasi benda plastik, guru melanjutkan kegiatan perbandingan dua material lain, yaitu bunga asli dan bunga plastik di pertemuan sebelumnya

  •      Guru mengulas kegiatan lembar prediksi yang lalu. Apa temuan kita? Menurut kalian, apa yang akan terjadi pada bunga asli pada hari ke 7? (membusuk)

  •      Diskusi; Jika sampah plastik tak dapat rusak/busuk apa yang terjadi?(a) Simulasi penumpukan plastik dengan benda yang dibawa dari rumah:(b) Tunjukkan benda yang kamu bawa.(c) Masing-masing siswa meletakkan benda plastik itu dimana saja di dalam kelas.(d) Apa yang terjadi dengan kelas kita?

  •  Menonton video tentang: “Ancaman Polusi Plastik ” https://youtu.be/EyzUazucAhU / (cuma 2 menit) atau https://youtu.be/CdmB_OF04to?si=uyKCsVuQh5_MGXL0 hanya sampai dengan sebelum penjelasan konsep 3 R. Sebelum memutar video, guru menjelaskan tugas dan kegunaan lembar pencatatan isi video

  •      Siswa mengerjakan lembar kerja pencatatan isi video.

  •       RANGKUMAN KEGIATAN

  •      























  • Hari 1

    Hari 2

    Hari 3

    Bunga alami

     

    Warna:

     

     

     

    Bentuk:

     

     

     

    Aroma:

     

     

     

     

     

     

     

    Bunga Plastik





0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates