SELASA, 16 Januari 2024 - PENDIDIKAN PANCASILA &
BAHASA INDONESIA
MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA
&
BAHASA INDONESIA
KELAS I.B
GURU KELAS : JUWITASARI PEBRIANI,S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Mengidentifikasi identitas diri sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya
- Menyebutkan kata yang berawalan suku kata la-, li-, lu-, le-, lo-. dari teks bacaan
- Melafalkan kata yang diawali suku kata la-, li-, lu-, le-, lo-. dari teks
- Menuliskan kata yang diawali suku kata la-, li-, lu-, le-, lo-.
Tujuan Pembelajaran (TP):
- Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri sesuia dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya
- Peserta didik dapat menyebutkan kata yang diawali suku kata la-, li-, lu-, le-, lo-. dari teks yang dibaca
- Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk benda dan menyebutkan karakteristik benda
- Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah.
- Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
- Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
PENDIDIKAN PANCASILA
Setiap orang punya identitas diri. kamu punya nama lengkap. kamu juga punya nama panggilan. Kamu punya alamat. Nama dan alamat itu identitas diri.
Identitas diri berkaitan dengan atribut kepribadian, fisik, dan minat Identitas diri mencakup atribut-atribut pribadi, termasuk kepribadian, aspek fisik, serta minat individu. Hal ini menunjukkan keragaman aspek yang membentuk identitas individu.
Berikut ini mari perhatikan cara memperkenalkan diri.
BAHASA INDONESIA
Gambar huruf kapital L dan huruf kecil l
Melafalkan kata yang berawalan kata La
Kata yang berawalan suku La-, Li-, Lu-, Le-, Lo-,
Kesimpulan:
Alhamdulillah setelah melaksanakan pembelajaran terkait mata pelajaran pendidikan pancasila dengan materi identitas diri, peserta didik dapat menyebutkan identitas diri sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik dan hobinya dengan baik.
0 komentar:
Posting Komentar