Selasa, 30 Juli 2024

Rabu, 31 Juli 2024 Bahasa Indonesia & Pend. Pancasila



Hari/tanggal  : Rabu, 31 Juli 2024

Kelas                 : 1.B

Guru                  : Juwitasari Pebriani, S.Pd. dan Nur Aisyah, S.Pd.
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia (Imlak) & Pendidikan Pancasila



1. Alur Tujuan Pembelajaran
  • Mengenali abjad
  • Mengenali huruf kapital dan huruf kecil
  • Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b'
  • Menulis huruf ‘B’ dan ‘b'
  • Mengidentifikasi hubungan simbol dan sila Pancasila

2. Tujuan Pembelajaran 
  • Peserta didik dapat mengenali abjad
  • Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’
  • Peserta didik dapat menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ 
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan simbol dan sila Pancasila

3. Capaian Pembelajaran
- Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 

Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

4. Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How are you today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa anak sholeh sholehah Aamiin. 
Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat terlebih dahulu yaa sholeh sholehah.

5. Apersepsi
Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang macam macam garis, ada yang bisa menyebutkan apa saja macam macam garis? iyaa benar ada garis mendatar, tegak, miring dan melengkung.  Nah, untuk hari ini kita akan belajar menulis tegak bersambung dan simbol simbol Pancasila dengan benar. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa..

6. Materi Pembelajaran
BAHASA INDONESIA

Melafalkan Huruf Bersama-sama

  1. Bacalah huruf secara berurut dengan menunjuk pada poster abjad di kelas atau kartu huruf. Tanyakan kepada para peserta didik, apakah mereka dapat melakukannya sendiri.
  2. Sebagai variasi, peserta didik dapat diminta untuk menyanyikan lagu abjad.
  3. Setelah itu, perkenalkan bunyi masing-masing abjad. Tunjuklah setiap abjad dan lafalkan bunyinya. Ajak peserta didik menirukannya.
gambar terkait abjad yang dapat dilafalkan oleh peserta didik

peserta didik mengenali bunyi serta bentuk huruf kapital dan huruf kecil.




Mengidentifikasi Bentuk Huruf pada Deret Abjad

  1. Tanyakan beberapa huruf kepada seorang peserta didik. Apabila ia belum dapat menjawab pertanyaan, tawarkan kepada peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut.
  2. Ajak peserta didik untuk membedakan bentuk huruf kapital dan huruf kecil.
  3. Peserta didik bisa diminta untuk bergantian menyebutkan nama huruf yang ditunjuk oleh guru.
  4. Minta peserta didik untuk mengidentifikasi abjad pada kata-kata ‘bola’, ‘biru’, ‘Boni’, dan ‘batu’.
  5. Lakukan kegiatan membaca huruf ini secara rutin setiap sebelum memulai pembelajaran Bahasa Indonesia, hingga seluruh peserta didik mengenali bunyi serta bentuk huruf kapital dan huruf kecil.
gambar terkait huruf kapital dan huruf kecil




PENDIDIKAN PANCASILA


Yuk, nyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan penuh semangat😊

Video ini adalah video lagu Garuda Pancasila yang dapat dinyanyikan peserta didik

Hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila


  1.       Simbol Bintang pada Sila Pertama: Pancasila sila pertama disimbolkan dengan bintang emas yang melekat pada perisai hitam. Nah, bintang emas tersebut memiliki lima sudut. Kelima sudut tersebut mewakili agama besar di Indonesia. Dan juga kita percaya kepada Tuhan yang Maha Esa. Allah SWT.
  2.       Simbol Rantai pada Sila Kedua. Pada sila kedua terdapat simbol rantai. Simbol rantai tersebut menggambarkan hubungan antar manusia atau masyarakat Indonesia yang tidak putus,
  3.       Simbol Pohon Beringin pada Sila Ketiga. Pohon beringin merupakan simbol sila ketiga Pancasila. Simbol ini memiliki arti mewakili keteduhan dan kekuatan. Hal tersebut melambangkan persatuan bangsa Indonesia, 
  4.       Simbol Kepala Banteng pada Sila Keempat. Sila keempat Pancasila memiliki simbol kepala banteng. Makna dari kepala banteng adalah masyarakat Indonesia yang gemar bermusyawarah dan berkumpul untuk mencapai keputusan berdasarkan mufakat.
  5.       Simbol Padi dan Kapas. Padi dan kapas adalah simbol sila kelima Pancasila. Kedua benda ini melambangkan kebutuhan dasar manusia, yaitu sandang dan pangan.

7. Refleksi Pembelajaran 
Alhamdulillah ananda sholeh-sholehah kita sudah mempelajari materi menulis tegak bersambung dan hubungan simbol dan sila pancasila, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran selanjutnya ananda sholeh sholehah

8. Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!!











0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates