Selasa, 21 Januari 2025

Rabu, 22 Januari 2025

 Hari, tanggal       : Rabu, 22 Januari 2025

Kelas                    : 1.B
Guru                    : Juwitasari Pebriani, S.Pd & Nur Aisyah, S.Pd
Mapel                   : Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila 

 
 

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
   1. Menyebutkan penulisan mata uang rupiah
2. Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
    1. peserta didik dapat menuliskan lambang dan mengenal mata uang rupiah
    2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi

  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita mempelajari bentuk pada bangunan kota. Nah, untuk hari ini kita akan mata uang rupiah dan bentuk jkkerjasama dilingkungan rumah Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^


📌Materi Bahasa Indonesia
    Teks Bacaan : Seputar Rupiah

Rupiah merupakan alat pembayaran yang sah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rupiah wajib digunakan dalam setiap transaksi yang dilakukan di wilayah NKRI.

Rupiah sebagai simbol kedaulatan negara memiliki desain yang melambangkan persatuan Indonesia, menampilkan gambar Pahlawan Nasional dan lambang negara Burung Garuda serta ornamen Nusantara yang menggambarkan keragaman budaya dan warisan adat Nusantara.


Pecahan uang kertas di Indonesia terdiri dari Rp1000, Rp2000, Rp5000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100 ribu. Sedangkan, untuk mata uang koin yang beredar antara lain Rp1000, Rp500, Rp200, Rp100, dan Rp50. 

LKPD :



📌 Materi Pendidikan Pancasila

Mari kita simak bersama video berikut ini!^^



 Kerja Sama itu Apa, sih?

Kerja sama itu seperti ketika kita bermain lego bersama teman. Kita saling membantu menyusun lego menjadi bentuk yang bagus. Atau seperti saat kita membersihkan kelas, kita bersama-sama menyapu dan mengepel.

Kerja sama adalah ketika kita bersama-sama melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan yang sama. Jadi, kalau kita bekerja sama, kita akan saling membantu dan bekerja sebagai tim.

Contoh Kerja Sama:

  • Di Sekolah:
    • Membantu teman yang kesulitan mengerjakan tugas.
    • Bersama-sama membersihkan kelas.
    • Bermain bersama di waktu istirahat.
  • Di Rumah:
    • Membantu ibu memasak.
    • Membersihkan kamar bersama-sama.
    • Bermain dengan adik atau kakak.
  • Di Lingkungan:
    • Bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.
    • Membantu tetangga yang membutuhkan.

Mengapa Kerja Sama Itu Penting?

  • Lebih Cepat Selesai: Kalau kita kerja sama, pekerjaan jadi lebih cepat selesai.
  • Lebih Seru: Bekerja sama itu seru! Kita bisa bermain dan belajar bersama teman.
  • Saling Membantu: Ketika ada teman yang kesulitan, kita bisa saling membantu.
  • Rukun: Kerja sama membuat kita hidup rukun dan damai.

📌REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN

Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa peserta didik sudah mampu  menuliskan dan mengenal mata uang rupiah dengan baik hanya beberapa peserta didik yang masih dapat bimbingan dalam menuliskan mata uang rupiah.



0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates