Senin, 28 April 2025

Selasa, 29 April 2025



Hari, tanggal : Selasa, 29 April 2025
Kelas : 1.B
Guru : Juwitasari Pebriani, S.Pd dan Nur Aisyah, S.Pd
Mapel : Matematika





πŸ“Œ Metode dan Media ajar



Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
Media ajar: Video pembelajaran dan buku cetak

πŸ“Œ Capaian Pembelajaran (CP):



Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.




Peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman sekelas karya seni dari orang lain) serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.




πŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Menentukan selisih, lebih dari dan kurang dari pada suatu bilangan

Mengenal campuran warna





πŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP):
- peserta didik dapat menunjukkan lebih dari, kurang dari, dan beda atau selisih dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret dengan cermat

- Peserta didik mengidentifikasi warna sekunder dan primer







πŸ“Œ Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^




πŸ“Œ Apersepsi :

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah belajar manfaat gotong royong. Nah, pada hari ini kita akan melanjutkan kembali belajar matematika yaitu tentang nilai tempat pada suatu bilangan dan bentuk natural daun.

Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^





πŸ“Œ Materi Matematika








Perhatikan gambar di atas ada berapa donat tika dan ibu?


Iya benar donat Ibu ada 7 donat sedangkan donat Tika ada 6.
Soal Sumatif Harian







πŸ“ŒMateri Seni Rupa




Pencampuran warna adalah salah satu konsep dasar dalam seni dan sains yang dapat diperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini. Memahami bagaimana warna-warna dasar dapat dicampurkan untuk menciptakan warna baru tidak hanya membantu anak-anak dalam kegiatan seni tetapi juga mengembangkan keterampilan kognitif mereka.

1. Mengenal Warna Dasar

Warna dasar adalah warna-warna utama yang tidak dapat diperoleh dengan mencampurkan warna lain. Ada tiga warna dasar yaitu merah, biru, dan kuning. Warna dasar tersebut merupakan fondasi untuk menciptakan berbagai warna lain. Dengan memahami warna dasar, anak-anak dapat lebih mudah menguasai teknik pencampuran warna.

2. Proses Pencampuran Warna Dasar

Pencampuran warna dasar untuk menciptakan warna campuran adalah aktivitas yang menarik dan edukatif. Berikut adalah beberapa contoh pencampuran warna dasar untuk menghasilkan warna baru:Merah + Kuning = Oranye: Campuran merah dan kuning menghasilkan warna oranye. Ini karena oranye adalah warna sekunder yang dihasilkan dari pencampuran dua warna dasar.
Biru + Kuning = Hijau: Campuran biru dan kuning menghasilkan warna hijau. Warna hijau juga merupakan warna sekunder yang muncul dari pencampuran dua warna dasar.
Merah + Biru = Ungu: Ketika merah dicampurkan dengan biru, warna yang dihasilkan adalah ungu. Ungu adalah warna sekunder lainnya yang diperoleh dari pencampuran dua warna dasar.


Latihan Soal





πŸ“ŒREFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

Berdasarkan pembelajaran ini, dapat diketahui bahwa peserta didik sudah mampu mengerjakan sumatif harian materi konsep lebih dari dan kurang dari serta peserta didik sudah memahami warna campuran dengan baik dan mandiri.





0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates