Minggu, 31 Agustus 2025

Senin, 01 September 2025.

Hari, Tanggal : Senin, 01 September 2025.

Kelas : 1 A
Mata Pelajaran : Lalisba, Matematika, B. Indonesia
Guru Kelas : Risa Meilinda Syahrie, S.Pd dan Juwitasari Pebriani, S.Pd





📌 Metode dan Media ajar
     Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
     Media ajar: Video pembelajaran, Kartu Angka, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
  1. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
  2. Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Murid mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 
  1. Murid dapat melakukan operasi hitung penjumlahan sampai 10
  2. Murid dapat mengenal tanda tanya dan tanda seru
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
  1. melakukan operasi hitung penjumlahan sampai 10

  2. mengenal kalimat tanda tanya dan tanda seru


Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
 
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.  Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari mengurutkan bilangan sampai 10.  Nah pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan materi Bahasa Indonesia dan Matematika. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan berikut,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

Materi Matematika

Perhatikan gambar berikut!


Berapakah banyak bunga semuanya?
1. Pada gambar pertama terdapat 4 tangkai bunga merah dan 5 tangkai bunga kuning
                        4 + 5 = 9, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 9 bunga.
2. Pada gambar kedua terdapat 5 tangkai bunga merah dan 3 tangkai bunga kuning
                       5 + 3 = 8, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 8 bunga.
3. Pada gambar kedua terdapat 5 tangkai bunga merah dan 4 tangkai bunga kuning
                       5 + 4 = 9, Jadi jumlah bungan semuanya adalah 9 bunga.

AYO BERLATIH!
Ada 4 mobil yang sudah parkir 
Jika ada 3 mobil lagi yang datang
Manakah gambar yang sesuai dengan cerita di atas?


Materi Bahasa Indonesia

Bermain adalah kegiatan yang menyenangkan. Bermain juga bisa dilakukan sendiri atau bersama teman. Saat bermain kita belajar bekerja sama, jujur dan mematuhi aturan. Dalam bermain kita juga harus Hati-Hati. 
Ayo kita nyanyikan lagu Kalau Kau Suka Hati agar anak anak lebih semangat lagi. 
Good job anak sholih sholihah sudah semangat. 
Setelah kita bersama sama bernyanyi dan menirukan gerakan mari kita mengenal tanda baca pada kalimat yaitu tanda tanya dan tanda seru.. Lihat video berikut ini..


Tanda baca tanya (?) dan tanda seru (!) memiliki fungsi yang berbeda, yaitu:
 - Tanda tanya digunakan untuk mengakhiri kalimat tanya dan menandai bagian kalimat yang diragukan. Contoh kalimat tanya adalah "Sampai di mana ini?" 

- Tanda seru digunakan untuk mengakhiri kalimat seru, larangan, dan perintah. Contoh kalimat perintah yang diakhiri dengan tanda seru adalah "Tolong matikan lampu di ruang itu!" Tanda seru juga bisa digunakan untuk menunjukkan perasaan yang intens atau mendapatkan perhatian. 

Tanda tanya dan tanda seru termasuk tanda baca yang menandai akhir kalimat.



📌 REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN 
Berdasarkan hasil pembelajaran mata pelajaran
Matematika murid mampu memasangkan bilngan angka namun, ada beberapa siswa yang belum memahami dalam menyelesaikan soal mengenai pasangan bilangan, untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa mampu menyebutkan tanda baca !&?.











0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates