Kamis, 09 November 2023

Kamis, 09 September 2023 - Kegiatan P5 Tahap Aksi

 

Kamis, 09 September 2023 - Kegiatan P5 Tahap Aksi

                   

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

 KELAS   I.B

GURU KELAS : JUWITASARI PEBRIANII, S.Pd.


Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 

TEMA:

GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK


Tujuan

Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.

Alur

  • Dalam fase A, fokus pembelajaran tentang isu plastik adalah pada pengenalan dan identifikasi. Pada tahapan “pengertian plastik”, peserta didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.
  • Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).
  • Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulkan.

Target

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: 

  1. Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam, 
  2. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan 
  3. Bernalar kritis, khususnya memberikan dan menjawab pertanyaan


Pertemuan 14

TAHAP AKSI

PENGOLAHAN BOTOL PLASTIK


Objektif
Mengenal contoh-contoh praktik 3R

Materi
1. Ulasan Materi tentang 3R
2. Format Pencatatan 3R

Persiapan
1. Guru menyiapkan contoh prakarya yang sudah didaur ulang
2. Guru menyiapkan video pembuatan tempat pensil menggunakan kain wol
3. Guru dan siswa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Pelaksanaan
1. Siswa menonton video pembuatan prakarya pembuatan tempat pensil wol
2. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai langkah-langkah pembuatan tempat pensil wol
3. Siswa dan guru menyiapkan alat dan bahan dalam pembuatan tempat pensil

Semua kegiatan dengan bimbingan guru:

4. Siswa keluar kelas dan bersiap-siap membuat prakarya bersama dengan kelas 1 lainnya
5. Siswa menggunting / memotong satu botol bekas menjadi 3/4 bagian
6. Siswa menyiapkan tali wol yang akan mereka gunakan 
7. Siswa menempelkan tali wol tersebut mengelilingi botol bekas tadi
8. Tempat pensil selesai dibuat
9. Siswa kembali masuk ke kelas bersama-sama, dan membersihkan tangan mereka
10. Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran hari ini


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates