Hari, tanggal : Jum'at, 20 September 2024
- Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
📌Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang membuat sketsa mahkota siger dan kopiah emas. Ada yang masih ingat kemarin kita belajar p5 tentang apa? iya benar tentang membuat poster bhineka tunggal ika artinya berbeda beda tetapi tetap satu. Oke mari kita mulai pembelajaran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.
📌Materi Matematika
- Tanda penjumlahan: (+) Contoh: 2 + 3 = 5 (Dua ditambah tiga sama dengan lima)
- Cara menjumlahkan:
- Menggunakan benda-benda di sekitar kita (misalnya, kelereng, pensil).
- Menggunakan garis bilangan.
- Menggunakan jari.
Pengurangan
- Apa itu pengurangan? Pengurangan adalah cara untuk mengurangi jumlah benda dalam suatu kelompok.
- Tanda pengurangan: (-) Contoh: 5 - 2 = 3 (Lima dikurangi dua sama dengan tiga)
- Cara mengurangkan:
- Menggunakan benda-benda di sekitar kita.
- Menggunakan garis bilangan.
- Menggunakan jari.
Kata-kata yang sering digunakan dalam penjumlahan dan pengurangan:
- Penjumlahan: ditambah, jumlah, seluruhnya, gabungan.
- Pengurangan: dikurangi, sisa, selisih.
Contoh Soal:
- Penjumlahan:
- Andi punya 3 buah apel, Budi punya 2 buah apel. Berapa jumlah apel mereka? (3 + 2 = 5 buah apel)
- Pengurangan:
- Ibu membeli 5 buah jeruk. Ayah makan 2 buah jeruk. Berapa sisa jeruk? (5 - 2 = 3 buah jeruk)
0 komentar:
Posting Komentar