Senin, 09 September 2024

Senin, 9 September 2024

 Hari, tanggal       : Senin, 9 September 2024

Kelas                    : 1.B
Guru                    : Juwitasari Pebriani, S.Pd & Nur Aisyah, S.Pd
Mapel                   : Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila 

 

      📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 
        1. Mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat
        2. Menyebutkan manfaat mematuhi tata tertib.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP): 
1.Peserta didik dapat mengidentifikasi kalimat yang diakhiri tanda tanya dan tanda seru mengenai bunyi di sekitar
2. Peserta didik dapat menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib
    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 
  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang menyelesaikan operasi hitung penjumlahan yang hasilnya sampai 10.  Nah, untuk hari ini kita akan mempelajari materi tentang mengenal tanda baca (tanya dan seru) dan aturan dilingkungan rumah serta sekolahOke mari kita mulai pembalajran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.



📌 Materi Bahasa Indonesia

Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^


Tanda baca tanya (?) dan tanda seru (!) memiliki fungsi yang berbeda, yaitu:
 - Tanda tanya digunakan untuk mengakhiri kalimat tanya dan menandai bagian kalimat yang diragukan. Contoh kalimat tanya adalah "Sampai di mana ini?" 

- Tanda seru digunakan untuk mengakhiri kalimat seru, larangan, dan perintah serta ajakan. Contoh kalimat perintah yang diakhiri dengan tanda seru adalah "Tolong matikan lampu di ruang itu!" Tanda seru juga bisa digunakan untuk menunjukkan perasaan yang intens atau mendapatkan perhatian. 

Tanda tanya dan tanda seru termasuk tanda baca yang menandai akhir kalimat.

Latihan Soal!


📌Materi Pendidikan Pancasila

Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^




Tata tertib adalah peraturan yang dibuat sekolah agar siswa lebih disiplin. Tata tertib juga memiliki tujuan sebagai bentuk bahan pendidikan agar siswa lebih bisa bertanggung jawab menanggung kesalahan apabila melanggar. Berikut adalah manfaat tata tertib :

1.       Siswa dilatih lebih bertanggung jawab

Seperti yang telah dibahas sebelumnya. Salah satu manfaat tata tertib sekolah adalah mengajarkan siswa agar lebih bertanggung jawab. Siswa juga belajar menghadapi konsekuensi apabila melanggar aturan yang telah berlaku. Sama seperti ketika guru memberikan tugas rumah untuk siswa. Tentu tugas rumah tersebut wajib dikerjakan oleh siswa. Jika siswa tidak mengerjakan, maka akan ada konsekuensi yang diterima. Dari pengalaman ini, siswa akan belajar namanya memegang tanggung jawab.

2.       Siswa berlatih disiplin

Tujuan utama dibuatnya tata tertib sekolah yakni mendisiplinkan siswa agar proses belajar berjalan lancar. Hal ini juga merupakan manfaat tata tertib sekolah bagi siswa. Tata tertib membuat proses mengajar berjalan lancar, efektif, dan aman.

3.       Siswa berlatih untuk jujur

Manfaat tata tertib sekolah lainnya adalah siswa dilatih untuk bersikap jujur. Sifat jujur mungkin memang kedengaran sangat mudah dilakukan. Namun, pada kenyataannya, sikap jujur tak selamanya mudah dilakukan. Salah satu cara untuk melatih siswa bersikap jujur yakni dengan adanya tata tertib sekolah. Ketika siswa tidak bisa masuk sekolah, maka mereka diwajibkan membuat surat izin. Peraturan ini membuat siswa diharuskan bertindak jujur. Tata tertib dapat mencegah siswa melakukan bolos dan melakukan tindakan yang tidak diinginkan.

4.       Siswa dilatih agar mandiri

Tata tertib sekolah membuat siswa lebih mandiri di sekolah. Membentuk karakter siswa yang mandiri merupakan manfaat tata tertib sekolah lainnya. Karakter mandiri ini nantinya sangat diperlukan siswa saat mereka lulus dari sekolah.

📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini mengenai materi tentang kalimat tanda tanya dan tanda seru dapat disimpulkan bahwa hampir seluruh peserta didik sudah mampu membuat kalimat tanya dan kalimat tanda seru namun ada 3 peserta didik yang belum mampu membuat kalimat tanya dan kalimat seru 





0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates