Selasa, 04 Februari 2025

Rabu, 05 Februari 2025

 Hari, tanggal       : Rabu, 05 Februari 2025

Kelas                    : 1.B
Guru                    : Juwitasari Pebriani, S.Pd & Nur Aisyah, S.Pd
Mapel                   : Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila 

 
 

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Menyimak dan menceritakan kembali cerita dalam gambar

2. Mengidentifikasi bentuk denah dan arah mata angin

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
    1. peserta didik dapat memahami kata dari suatu gambar
    2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk denah dan arah mata angin
    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi

  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita mempelajari bentuk benda alami dan bentuk buatan manusia. Nah, untuk hari ini kita akan belajar  suku kata la, li, lu, le dan lo dan hak dan kewajiban anak di sekolah Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^


📌Materi Bahasa Indonesia

Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^



Menyimak cerita adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan anak. Dengan kegiatan menyimak cerita, kita dapat meningkatkan kemampuan bahasa, imajinasi, dan pengetahuan.

Apa Saja yang Perlu Disampaikan dalam Menyimak Cerita?

  • Judul cerita: Ajarkan anak untuk selalu mengingat judul cerita.
  • Tokoh cerita: Siapa saja tokoh dalam cerita? Apa karakteristik masing-masing tokoh?
  • Alur cerita: Apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita?
  • Pesan moral: Apa yang dapat kita pelajari dari cerita tersebut?

 

📌 Materi Pendidikan Pancasila


Mari kita simak bersama video berikut ini!^^




Arah Mata Angin

  • Pengertian: Arah mata angin adalah petunjuk arah yang digunakan untuk menentukan posisi suatu tempat. Ada delapan arah mata angin utama, yaitu:
    • Utara (U)
    • Timur (T)
    • Selatan (S)
    • Barat (B)
    • Timur Laut (TL)
    • Tenggara (TG)
    • Barat Daya (BD)
    • Barat Laut (BL)
  • Cara Menentukan: Kita bisa menentukan arah mata angin dengan bantuan kompas atau dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam. Matahari terbit di timur dan terbenam di barat.
  • Manfaat: Mengetahui arah mata angin membantu kita untuk tidak tersesat saat bepergian, membaca peta, dan memahami denah.   

📌REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN 

Berdasarkan pembelajaran hari ini alhamdulillah peserta didik sudah mengenal macam macam arah mata angin, hanya saja peserta didik masih belum mampu menyebutkan atah mata angin secara mandiri. Tindak lanjut yang dilakukan guru akan menjelaskan kembali materi tentang arah mata angin pada pertemuan selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates