Minggu, 27 Juli 2025

Senin, 28 Juli 2025.

Hari, Tanggal : Senin, 28 Juli 2025
Kelas : 1 B
Mata Pelajaran : Lalisba, Matematika, B. Indonesia
Guru Kelas : Risa Meilinda Syahrie, S.Pd dan Juwitasari Pebriani, S.Pd





Metode dan Media ajar

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, Buku Lalisba

πŸ“Œ Capaian Pembelajaran (CP):

1. Muridmampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang 
    dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.      Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan 
    lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru         
    dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan  
    yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
2. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat 
    pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks      
    yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri,  
    keluarga, dan/atau lingkungan.
3. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah 
    sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan,           
    mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta 
    didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret 
    yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari 
    keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan 
    yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.


πŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
1. Murid dapat menulis tegak bersambung
2.Murid dapat mengenali bentuk komunikasi lisan (cerita, percakapan, dan informasi sederhana).
3.Murid dapat membandingkan dua kelompok benda dan menentukan lebih banyak, lebih sedikit, atau       sama banyak

πŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP):
1. Menulis tegak bersambung
2. Menunjukkan minat dan antusiasme terhadap cerita, percakapan, atau informasi yang  
    disampaikan secara lisan maupun melalui media audio.
3.Membandingkan jumlah benda yang berjumlah paling banyak 10

πŸ“Œ Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

πŸ“Œ Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan pembelajaran menghitung sampai 10. Nah pada pertemuan kali ini kita akan belajar menulis tegak bersambung. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

πŸ“Œ Materi Bahasa Indonesia (LALISBA)




Melafalkan dan Menulis Huruf Bacalah huruf secara berurut dengan menunjuk pada poster abjad di kelas atau kartu huruf.
Sebagai variasi, peserta didik dapat diminta untuk menyanyikan lagu abjad.
Setelah itu, perkenalkan bunyi masing-masing abjad dan penulisan tegak bersambung
Latihan :
Tebalkan huruf tegak bersambung berikut ini!

πŸ“ŒMateri Bahasa Indonesia




Dari ketiga aktivitas ini ada kegiatan apa saja anak anak?
Iya benar ada kegiatan belajar jadi pada saat belajar anak anak harus mendengarkan guru, sedangkan gambar kedua terdapat dua orang yang sedang berkomunikasi dan gambar ketiga terdapat kegiatan bermain di saat cuaca cerah.
Ketiga gambar ini merupak bentuk teks lisan dalam bentuk cerita, percakapan, dan informasi.
Cerita : memiliki alur, tokoh, dan kejadian/Percakapan


Percakapan : dua orang atau lebih yang sedang berbicara saling bergantian untuk menyampaikan informasi
Informasi : penjelasan tentang suatu hal dan dalam menyimak harus menunjukkan sikap mendengarkan aktif.



Jenis Teks Lisan

Ciri-ciri

Contoh

Cerita

Menyampaikan kisah

Dongeng, fabel


Percakapan

Saling berbicara

Tanya-jawab, sapaan


Informasi

Menyampaikan pengetahuan/berita

Penjelasan guru, berita

sholeh dan sholehah ^^

πŸ“Œ Materi Matematika

Membandingkan artinya melihat dua bilangan dan menentukan:

  • Bilangan mana yang lebih besar

  • Bilangan mana yang lebih kecil

  • Apakah sama besar atau sama banyak 

Contoh Perbandingan Bilangan

  1. Bilangan 3 dan 7

    • 3 lebih kecil dari 7

    • Ditulis: 3 < 7

  2. Bilangan 9 dan 5

    • 9 lebih besar dari 5

    • Ditulis: 9 > 5

  3. Bilangan 4 dan 4

    • 4 sama dengan 4

    • Ditulis: 4 = 4

LKPD Matematika
πŸ“Œ REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN




0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates