Minggu, 03 Agustus 2025

Senin, 04 Agustus 2025.

 Hari, Tanggal : Senin, 04 Agustus 2025.

Kelas : 1 B
Mata Pelajaran : Lalisba, Matematika, B. Indonesia
Guru Kelas : Risa Meilinda Syahrie, S.Pd dan Juwitasari Pebriani, S.Pd





Metode dan Media ajar

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning


Media ajar: Video pembelajaran, Kartu Angka, LKPD
πŸ“Œ Capaian Pembelajaran (CP):Murid 1.menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
2.Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Murid mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
πŸ“Œ Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
1.Murid dapat membandingkan dua kelompok benda dan menentukan lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak
2.Murid dapat mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan dalam kata.
πŸ“Œ Tujuan Pembelajaran (TP):
1.Membandingkan jumlah benda yang berjumlah paling banyak 10
2.Menulis nama sendiri.


πŸ“Œ Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


πŸ“Œ Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan pembelajaran menghitung sampai 10. Nah pada pertemuan kali ini kita akan belajar menulis tegak bersambung. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
πŸ“Œ Materi Bahasa Indonesia (LALISBA)




Melafalkan dan Menulis Huruf Bacalah huruf secara berurut dengan menunjuk pada poster abjad di kelas atau kartu huruf.
Sebagai variasi, peserta didik dapat diminta untuk menyanyikan lagu abjad.
Setelah itu, perkenalkan bunyi masing-masing abjad dan penulisan tegak bersambung
Latihan :
Tebalkan huruf tegak bersambung berikut ini!

πŸ“Œ

πŸ“Œ Materi Matematika

Membandingkan artinya melihat dua bilangan dan menentukan:

  • Bilangan mana yang lebih besar

  • Bilangan mana yang lebih kecil

  • Apakah sama besar atau sama banyak 

Contoh Perbandingan Bilangan

  1. Bilangan 3 dan 7

    • 3 lebih kecil dari 7

    • Ditulis: 3 < 7

  2. Bilangan 9 dan 5

    • 9 lebih besar dari 5

    • Ditulis: 9 > 5

  3. Bilangan 4 dan 4

    • 4 sama dengan 4

    • Ditulis: 4 = 

Membandingkan artinya melihat dua bilangan dan menentukan:

  • Bilangan mana yang lebih besar

  • Bilangan mana yang lebih kecil

  • Apakah sama besar atau sama banyak 

Contoh Perbandingan Bilangan

  1. Bilangan 3 dan 7

    • 3 lebih kecil dari 7

    • Ditulis: 3 < 7

  2. Bilangan 9 dan 5

    • 9 lebih besar dari 5

    • Ditulis: 9 > 5

  3. Bilangan 4 dan 4

    • 4 sama dengan 4

    • Ditulis: 4 = 4

LKPD Matematika

Materi Bahasa Indonesia


Bunyi adalah suara yang kita dengar. Bunyi bisa berasal dari alam, benda, hewan, dan manusia. Kita bisa belajar dengan mendengarkan bunyi di sekitar kita.

Contoh:

  • Bunyi ayam: "kukuruyuk"

  • Bunyi kucing: "meong"

  • Bunyi lonceng: "ting-tong"

  • Bunyi angin: "whoosshhh"

  • Bunyi hujan: "tik-tik" 

LKPD Bahasa Indonesia

 

πŸ“Œ
REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan pembelajaran ini, dapat diketahui bahwa peserta didik mampu membandingkan dengan menggunakan lambang bilangan lebih dari, kurang dari,sama dengan dan untuk mata pelajaran B.Indonesia murid dapat menyebutkan bunyi hewan dengan tepat.




















0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates