Senin, 18 September 2023

Senin, 18 September 2023 - P5 Pertemuan ke 6

 

Senin, 18 September 2023 - P5 Pertemuan ke 6

               

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

 KELAS   I.B

GURU KELAS : Juwitasari Pebriani,S.Pd.


Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 

TEMA:

GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK


Tujuan

Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.

Alur

  • Dalam fase A, fokus pembelajaran tentang isu plastik adalah pada pengenalan dan identifikasi. Pada tahapan “pengertian plastik”, peserta didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.
  • Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).
  • Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulkan.

Target

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: 

  1. Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam, 
  2. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan 
  3. Bernalar kritis, khususnya memberikan dan menjawab pertanyaan

Pertemuan 6

TAHAP KONTEKSTUAL

Review Kegiatan Sebelumnya & Pengamatan Lingkungan Sekitar


Objektif
Peserta didik mengenal benda di lingkungan

Materi
1. Ulasan Materi tentang 3R
2. Format Pencatatan 3R

Persiapan
  1. Persiapan Observasi penanganan sampah plastik di sekitar lingkungan sekolah
Pelaksanaan
  1. Peserta didik diajak untuk berbagi lembar refleksi belajarnya.
  2. Peserta didik diundang untuk saling menceritakan pengalaman serunya yang telah didapat selama proses tahap pengenalan.
  3. Kilas balik pembelajaran: siswa diajak mengingat kegiatan terdahulu yaitu peran piket sebagai penghuni rumah untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah. Kini, apa peranmu sebagai warga sekolah? 
  4. Peserta didik diajak untuk berkeliling lingkungan sekolah, mengamati lingkungan sekolah
  5. Peserta didik mencari sampah plastik yang kemudian akan dikumpulkan
  6. Peserta didik menuliskan sampah plastik yang mereka kumpulkan
  7. Peserta didik menceritakan hasil tulisan mereka ke depan kelas



Kesimpulan:
Setelah dilakukan review tahap perkenalan yang telah dilaksanakan pada tahap pertema (tahap perkenalan) peserta didik masih ingat dan memahami materi yang telah diterima terkait 3 R. Dalam pembelajaran P5 hari ini, setelah peserta didik berkeliling mencari sampah di lingkungan sekolah peserta didik sudah dapat membedakan mana sampah yang termasuk sampah plastik, sampah kertas, dan sampah organik.

Foto kegiatan

























0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates