Senin, 18 September 2023

Selasa, 19 September 2023 - P5 Pertemuan Ke 7

 

Selasa, 19 September 2023 - P5 Pertemuan Ke 7

                

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

 KELAS   I.B

GURU KELAS : Juwitasari Pebriani S.Pd.


Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 

TEMA:

GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK


Tujuan

Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengSelasa, 19 September 2023 - P5 Pertemuan Ke 7


       

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 


TEMA:


GAYA HIDUP BERKELANJUTAN


CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK



Tujuan


Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.


Alur


Dalam fase A, fokus pembelajaran tentang isu plastik adalah pada pengenalan dan identifikasi. Pada tahapan “pengertian plastik”, peserta didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulkan.


Target


Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: 


Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam, Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan Bernalar kritis, khususnya memberikan dan menjawab pertanyaan



Pertemuan 7


TAHAP KONTEKSTUAL


Review Kegiatan Sebelumnya & Pengamatan Lingkungan Sekitar



Objektif


Peserta didik mengenal peran sebagai anak di rumah



Materi


1. Ulasan Materi tentang 3R


2. Format Pencatatan 3R



Persiapan


Pelaksanaan penanganan sampah plastik di sekitaran lingkungan sekolahGuru menyiapkan format jadwal kegiatan harian siswa di rumahVideo pembelajaran kegiatan bersih-bersih di kelas :



acu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.

Alur

  • Dalam fase A, fokus pembelajaran tentang isu plastik adalah pada pengenalan dan identifikasi. Pada tahapan “pengertian plastik”, peserta didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.
  • Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).
  • Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulkan.

Target

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: 

  1. Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam, 
  2. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan 
  3. Bernalar kritis, khususnya memberikan dan menjawab pertanyaan


Pertemuan 7

TAHAP KONTEKSTUAL

Review Kegiatan Sebelumnya & Pengamatan Lingkungan Sekitar


Objektif
Peserta didik mengenal peran sebagai anak di rumah

Materi
1. Ulasan Materi tentang 3R
2. Format Pencatatan 3R

Persiapan
  1. Pelaksanaan penanganan sampah plastik di sekitaran lingkungan sekolah
  2. Guru menyiapkan format jadwal kegiatan harian siswa di rumah
  3. Video pembelajaran kegiatan bersih-bersih di kelas :

  1. jadwal kegiatan harian Peserta didik di rumah
  2. Peserta didik menulis format tersebut ke dalam buku P5
  3. Guru melakukan refleksi mengenai kegiatan Peserta didik yang telah dilakukan
  4. Kegiatan untuk pertemuan berikutnya: Guru meminta Peserta didik untuk membawa buku bacaan yang tidak lagi dipakai oleh Peserta didik (atau yang ingin didonasikan)

Foto kegiatan















0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates