Rabu, 07 Agustus 2024

Kamis, 8 Agustus 2024 (P5)

 

Materi Ajar, Kamis, 8 Agustus 2024 (P5)

      


Hari, tanggal     : Kamis, 01 Agustus 2024
Kelas                   : 1.B
Guru                    : Juwitasari Pebriani,S.Pd & Nur Aisyah,S.Pd.
Materi                : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)


 

      📌 Tujuan Projek:

  Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Keberagaman Budayaku”, projek ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaann terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengenali dan memahami perbedaan sehingga melahirkan sikap saling menghargai, menghormati, toleransi, dan terpatri rasa bersyukur bahwa keberagaman Bangsa Indonesaia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara mempelajari dan menampilkan keberagaman tersebut melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.

    📌 Alur Projek:
          Projek ini dilakukan dalam empat tap:
  1.                 Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati keberagaman suku, agama, budaya dan sebagainya pada teman-teman di kelas lalu peserta didik menulis hasil pengamatannya. Pendidik mengajak peserta didik berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang keragaman Bangsa Indonesia, seperti asal daerah, makanan daerah, pakaian adat, lagu daerah dan tarian daerah.
  2.  Pada tahap kontekstual, peserta didik berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. dari berbagai suku daerah di Indonesia, kemudian mengenal kebudayaan dan ciri khas daerah Lampung.
  3. Pada tahap Aksi, peserta didik belajar dan berlatih membuat karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah Lampung, seperti mahkota siger, kopian, dalan aksesoris adat Lampung.
  4. Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.

📌 Target Projek

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:

1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya

3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengelompokkan banyak benda yang berjumlah 10 dan mengidentifikasi simbol dan sila-sila pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang profil pelajar Pancasila atau yang biasa disebut dengan P5. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)


Sebelum kita melakukan aktivitas mari kita simak video berikut ini. 

Let's check it out!!^^





📌PERTEMUAN 3



Jenis Kegiatan             : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 8 Agustus 2024

Waktu                         : 1 x pertemuan

Materi                          : Mengenal budaya dan kekhasan Provinsi Lampung

Peran Guru                  : Fasilitator dan Narasumber

 

 

 

AKTIVITAS 1

BUDAYA DAN KEKHASAN DAERAHKU

 

Persiapan:

1.      Guru menyiapkan PPT Keberagaman Agama di Sekitarku,

lembar kerja yang akan digunakan peserta didik berupa LKS menjodohkan gambar.

Pelaksanaan:

1.             Guru memulai projek dengan menampilkan video pembelajaran asal usuk kota lampung 

2.             Guru memberikan pertanyaan:

a.             Pristiwa apa yang terjadi di dalam video tersebut?

b.             Berasal dari manakah kata “Lampung”?

3.             Guru mengajak peserta didik berdiskusi bersama serta menjelaskan materi yang akan dipelajari

4.             Guru mengajak peserta didik untuk menyimak video pembelajaran tentang budaya dan khasan provinsi lampung 

5.             Guru mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab terkait isi video pembelajaran

6.             Siswa mengerjakan latihan terkait materi budaya dn kekhasan provinsi lampung di buku tulis

7.             Guru memberi kesempatan pada siswa kesimpulan materi aktivitas 1



LEMBAR KERJA AKTIVITAS 1 

(Mengerjakan Latihan di buku tulis)


 


Rubrik Penilaian

 

 

 

 

 

No.

 

 

 

 

Nama

Dapat menyebutkan Ciri dan kekhasan provinsi Lampung

 

Dapat menyebutkan   sejarah mahkota siger

 

Dapat menyebutkan hari macam-macam mahkota siger

 

Belum dapat menyebutkan agama ,tempat ibadah dan hari besar agama yang dianutnya.

SB

B

C

PB

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

Keterangan: PB =Perlu Bimbingan, C=Cukup, B= Baik, SB= Sangat Baik

 


AKTIVITAS 2

MENGENAL MAHKOTA SIGER

Persiapan :

1.  Guru menyiapkan video pembelajaran, gambar siger dan mahkota adat lampung

2.  Guru meminta siswa membawa buku gambar dan alat mewarmai

 

Pelaksanaan :

  1. Guru menunjukkan gambar mahkota siger dan  Guru memberikan pertanyaan:

a.          Apakah kalian nama mahkota yang terdapat di gambar?

b.          Berasal dari manakan mahkota siger

2.          Guru menjelaskan tentang sejarah siger dan melakukan tanya jawab bersama peserta didik:

        " Siger merupakan benda atau perangkat adat penting dalam ritual tradisional masyarakat Lampung. Benda tersebut berwujud sebuah mahkota logam berwarna keemasan yang memiliki detail bentuk yang sangat khas. Mahkota ini menjadi simbol kehormatan dan status sosial seseorang dalam masyarakat Lampung. Karena kekhasan bentuknya, siger menjadi simbol kedaerahan yang melekat pada Provinsi Lampung. Siger, sigokh dalam dialek Saibatin, memiliki bentuk simetris bilateral, memajang ke arah kiri dan kanan dari penggunanya. Di bagian atas, terdapat lekukan dengan jumlah spesifik. Jumlah lekukan di bagian atas mencirikan asal wilayah siger tersebut berasal. Selain dari lekukannya, asal daerah siger juga dapat dikenali dari detail-detail lain seperti rumbai-rumbai dan batang sekala.

3.      Peserta didik diminta untuk mewarnai LKPD mahkota siger yang telah disiapkan guru

4.          Guru memberi kesempatan pada didik untuk menyebutkan cici dan kekhasan budaya Lampung


Refleksi Pertemuan 3



Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:

  1. Ceritakan, bagaimana perasaanmu?
  2. Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?


📌Refleksi Pembelajaran 


Alhamdulillah ananda sholih-sholihah kita sudah mempelajari materi tentang keberagaman agama dan suku di Indoensia, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran selanjtnya ananda sholeh sholehah^^

 















 






📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates