Kamis, 03 Oktober 2024

Jum'at, 4 Oktober 2024

 Hari, tanggal : Jum'at, 4 Oktober 2024

Kelas : 1.B
Guru : Juwitasari Pebriani, S.Pd dan Nur Aisyah, S.Pd
Mapel : Matematika
Metode Pembelajaran     : Diskusi


📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

    1. Menentukan pengurangan yang hasilnya 1-10 dengan benar

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

        1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.


📌Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌 Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang membuat sketsa mahkota siger dan kopiah emas. Ada yang masih ingat kemarin kita belajar p5 tentang apa? iya benar tentang menghias mahkota siger dan kopiah emas. Oke mari kita mulai pembelajaran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.


📌Materi Matematika

Pengurangan

  • Apa itu pengurangan? Pengurangan adalah cara untuk mengurangi jumlah benda dalam suatu kelompok.
  • Tanda pengurangan: (-) Contoh: 5 - 2 = 3 (Lima dikurangi dua sama dengan tiga)
  • Cara mengurangkan:
    • Menggunakan benda-benda di sekitar kita.
    • Menggunakan garis bilangan.
    • Menggunakan jari.

Kata-kata yang sering digunakan dalam penjumlahan dan pengurangan.

  • Pengurangan: dikurangi, sisa, selisih.

Contoh Soal:

  • Pengurangan:
    • Ibu membeli 5 buah jeruk. Ayah makan 2 buah jeruk. Berapa sisa jeruk? (5 - 2 = 3 buah jeruk)


Menghitung mundur  adalah menghitung angka mulai dari 1 sampai 10. Menghitung mundur biasa dilakukan ketika kita melaukan operasi hitung pengurangan.


Perhatikan gambar di atas!
kalimat matemtika dari gambar di atas dapat ditulis dengan: 3 - 2 = 1

AYO BERLATIH!

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!




📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat disimpulkan bahwa seluruh peserta didik memahami materi mengenai operasi hitung pengurangan bilangan 1-10 dengan baik namun ada beberapa siswa yang masih belum teliti dalam mengerjakan soal operasional hitung pengurangan.



0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates