Rabu, 02 Oktober 2024

Kamis, 03 Oktober 202

 Hari, tanggal : Kamis, 03 Oktober 2024

Kelas : 1.B

Guru : Juwitasari Pebriani, S.Pd. dan Nur Aisyah, S.Pd.

Materi : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Metode Pembelajaran: Demonstrasi 


      📌 Tujuan Projek:


  Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Keberagaman Budayaku”, projek ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaann terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengenali dan memahami perbedaan sehingga melahirkan sikap saling menghargai, menghormati, toleransi, dan terpatri rasa bersyukur bahwa keberagaman Bangsa Indonesaia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara mempelajari dan menampilkan keberagaman tersebut melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.



    📌 Alur Projek:

          Projek ini dilakukan dalam empat tap:

   Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati keberagaman suku, agama, budaya dan sebagainya pada teman-teman di kelas lalu peserta didik menulis hasil pengamatannya. Pendidik mengajak peserta didik berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang keragaman Bangsa Indonesia, seperti asal daerah, makanan daerah, pakaian adat, lagu daerah dan tarian daerah.

 Pada tahap kontekstual, peserta didik berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. dari berbagai suku daerah di Indonesia, kemudian mengenal kebudayaan dan ciri khas daerah Lampung.

Pada tahap Aksi, peserta didik belajar dan berlatih membuat karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah Lampung, seperti mahkota siger, kopian, dalan aksesoris adat Lampung.

Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang. 


📌 Target Projek


Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:


1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal


2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya


3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)


Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.N.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


📌 Apersepsi : 


Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan P5 sebelumnya kita sudah melaksanakan kegiatan membuat melapisi sketsa mahkota siger dan kopiah emas, Nah, untuk hari ini kita akan belajar menempelkan manik Manik pada mahkota siger. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^


📌 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

 TAHAP AKSI NYATA

PERTEMUAN 10

Jenis Kegiatan : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 03 Oktober 2024

Waktu : 1 x pertemuan

Materi : Menghias mahkota siger dan kopiah emas

Peran Pendidik : Fasilitator dan Narasumber


 

Persiapan:

1. Pendidik menyiapkan gambar mahkota siger dan kopiah emas

Pelaksanaan:

1. Pendidik menampilkan gambar mahkota siger dan kopiah lampung


2. Pendidik menampilkan cara membuat mahkota siger dari bahan kardus: 

3. Pendidik memberikan penjelasan sederhana tentang langkah-langkah kegiatan pada hari ini.

4. Bersama Pendidik, peserta didik mencoba untuk menghias mahkota siger dengan menggunakan payet/manik-manik yang telah ditentukan sebelumnya.


LEMBAR KERJA PERTEMUAN 10


MENGHIAS MAHKOTA SIGER DAN KOPIAH EMAS

Alat dan Bahan:

· Lem

· Payet/manik-manik berwarna emas

· Mahkota siger dari kardus



Langkah-Langkah:

1. Peserta didik menyiapkan alat dan bahan

2. Pendidik memberikan contoh cara menempel payet/manik-manik ke mahkota siger

3. Peserta didik mulai menghias mahkota siger sesuai dengan arahan oleh guru dan mengikuti pola mahkota siger yang telah dibuat..

4. Setelah itu mahkota hias yang telah dihias dibiarkan mengering agar payet/manik-manik yang ditempel dapat merekat dengan baik.

Refleksi
Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat disimpulkan bahwa seluruh peserta didik mampu menghias mahkota siger dan kopiah emas dengan baik.


 







0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates