Hari, Tanggal : Kamis, 24 Juli 2025
Kelas : 1 A
Mata Pelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia
Guru Kelas : Risa Meilinda syahrie, S.Pd dan Juwitasari Pebriani, S.Pd.
π Metode dan Media ajar
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, Kartu Angka, LKPD
π Capaian Pembelajaran (CP):Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
π Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Murid dapat membaca dan menulis lambang bilangan dari 1 sampai 10 secara urut dan acak
Murid dapat nengenali dua unsur rupa: garis dan warna dalam lingkungan sekitar.
Murid dapat mengenali bentuk komunikasi lisan (cerita, percakapan, dan informasi sederhana).π Tujuan Pembelajaran (TP):Membaca dan menulis bilangan sampai 10.
Menunjukkan minat dan antusiasme terhadap cerita, percakapan, atau informasi yang disampaikan secara lisan maupun melalui media audio.
π Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
π Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari menulis huruf tegak bersambung. Nah pada pertemuan kali ini kita masuk dalam pelajaran Seni rupa, Bahasa Indonesia dan Matematika. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
π Materi Matematika
Menghitung benda berarti mengetahui jumlah suatu benda dengan cara menyebutkan satu per satu mulai dari angka 1.
Contohnya:
πππ → kita hitung: 1, 2, 3 → jumlahnya 3 buah apel
Kira kira bagaimana penulisan lambang bilangan 1-10 ya anak anak?
LKPD Matematika
Petunjuk : Pasangkan benda dengan bilangannya!
π Materi Bahasa Indonesia
Dari ketiga aktivitas ini ada kegiatan apa saja anak anak?
Iya benar ada kegiatan belajar jadi pada saat belajar anak anak harus mendengarkan guru, sedangkan gambar kedua terdapat dua orang yang sedang berkomunikasi dan gambar ketiga terdapat kegiatan bermain di saat cuaca cerah.
Ketiga gambar ini merupak bentuk teks lisan dalam bentuk cerita, percakapan, dan informasi.
Cerita : memiliki alur, tokoh, dan kejadian/Percakapan
Percakapan : dua orang atau lebih yang sedang berbicara saling bergantian untuk menyampaikan informasi
Informasi : penjelasan tentang suatu hal dan dalam menyimak harus menunjukkan sikap mendengarkan aktif.
Jenis Teks Lisan
Ciri-ciri
Contoh
Cerita
Menyampaikan kisah
Dongeng, fabel
Percakapan
Saling berbicara
Tanya-jawab, sapaan
Informasi
Menyampaikan pengetahuan/berita
Penjelasan guru, berita
π REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN
0 komentar:
Posting Komentar