Senin, 12 Agustus 2024

Hari, tanggal : Selasa, 13 Agustus 2024

 Hari, tanggal       : Selasa, 13 Agustus 2024

Kelas                    : 1.B
Guru                    : Juwitasari Pebriani, S.Pd dan Nur Aisyah, S.Pd
Mapel                   : Matematika dan Seni Rupa





      📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Mengurutkan bilangan sampai 10 

  2. Merasakan arah dan gerakan yang direpresentasikan oleh garis.

  3. Mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyatakan jumlah barang sampai 10 dan urutannya dengan benar.
  2. Peserta didik dapat merasakan arah dan gerakan yang direpresentasikan oleh garis.
  3. Peserta didik dapat mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan. 
    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu mampu membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis atau rapat, renggang) dengan cara menghubungkannya dengan suara atau gerakan tertentu. Mereka kemudian membuat gambar menggunakan berbagai macam garissebagai bentuk respon terhadap musik tertentu.

Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan Sumatif Harian bahasa Indonesia dan Pendidikan. Nah, untuk hari ini kita akan melaksanakan Sumatif Harian Metematika dan mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Sumatif Harian  Matematika




📌Materi Seni Rupa


Garis dalam seni rupa adalah sekumpulan titik yang berderet dan berhimpun. Garis ini merupakan hasil goresan yang disebut garis nyata.


Amatilah video berikut ini!





Lihatlah semua garis ini. Semua menunjukkan gerakan. Mari gerakkan jari atau tanganmu mengikuti garisnya. Garis seperti apa yang kamu rasakan? Sekarang pejamkan matamu. Dengarkan lagu yang diputarkan gurumu. Gerakkan tanganmu mengikuti irama lagu. Garis seperti apa yang kamu dapatkan?





Nah anak-anak mari kita bayangkan dan ikuti bentuk garis yang berasal dari benda-benda di sekitarmu, seperti kertas yang melayang di udara. Lalu cobalah untuk menggambarkan garis tersebut sesuai dengan imajinasi dan bayanganmu di buku tulis.


Setelah itu perhatikanlah, benda-benda yang ada di sekitarmu, seperti buku, pensil, papan tulis dan lainnya. Benda-benda tersebut terbentuk dari garis-garis yang saling berhubungan. Benda-benda tersebut dapat menghasilkan suara lohh.


Mari kita coba gengan menutup mata saat dan mendengarkan lagu-lagu yang akan diputarkan yaaa, bayangkan bagaimana bentuk garis yang terbentuk dari irama lagu tersebut. Kemudian buka mata kalian dan dengarkan kembali lagu-lagu tersebut, gambarkan garis yang dapat kalian bayangkan sesuai dengan irama lagu tersebut.


Agar lebih jelas, perhatikanlah video berikut ini.


📌Refleksi Pembelajaran 


 Berdasarkan hasil sumatif harian hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mengerjakan soal materi mengenal bilangan 1-10 dengan baik namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal dikarenakan peserta didik tersebut dapat membaca soal untuk mengatasi hal tersebut maka guru akan melakukan bimbingan kepada peserta didik tersebut.




 


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates